Saturday , September 26 2020
Home / Artikel / 10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah

10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah

10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah10 Perubahan di tubuh saat kamu tak lagi makan daging merah | Merdeka.com – Daging merah memang menyediakan zat besi dan sejumlah mineral penting lainnya kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak konsumsi daging merah juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menghubungkan antara lemak dalam daging dengan kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa saat kamu mengurangi atau tak lagi makan daging merah, kesehatan tubuh lebih terjaga.

Benarkah demikian? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ketika kamu tak lagi makan daging merah.

1. Berat badan turun

Tahukah kamu bahwa saat kamu mengurangi konsumsi daging, maka berat badan akan turun sebanyak 10 kilogram?

Tak percaya? Coba saja. Ditambah dengan konsumsi sayuran, maka kesehatan jadi lebih prima.

2. Bakteri baik di usus meningkat

Jumlah bakteri baik di usus mereka yang makan daging lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sayuran. Padahal bakteri ini memiliki fungsi untuk menjaga agar usus dan lambung selalu terlindungi dengan baik.

3. Kulit lebih cantik

Banyak vegetarian atau mereka yang mengurangi konsumsi daging memiliki kulit yang lebih cantik, sehat, serta terbebas dari jerawat. Sebabnya buah dan sayur akan membilas lemak penyebab kulit tak lagi cantik.

4. Tubuh berenergi

Salah satu hal yang luput diperhatikan mereka yang mengurangi konsumsi daging adalah bahwa tubuhnya jadi lebih berenergi. Sebabnya tubuh tak lagi terasa berat dan terbebas dari racun jahat.

5. Turunnya risiko penyakit kardiovaskular

Hubungan antara penyakit kardiovaskular dan konsumsi daging merah amatlah tinggi. Sebabnya karnitin yang ada dalam daging merah memicu reaksi kimia yang memperburuk kesehatan kardiovaskular. Belum lagi dengan naiknya kolesterol yang bisa mengancam kesehatan jantung.

Daging merah memang menyediakan zat besi dan sejumlah mineral penting lainnya kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak konsumsi daging merah juga tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menghubungkan antara lemak dalam daging dengan kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa saat kamu mengurangi atau tak lagi makan daging merah, kesehatan tubuh lebih terjaga.

Benarkah demikian? Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ketika kamu tak lagi makan daging merah.

1. Kolesterol turun

Jika kamu tidak makan daging, maka sudah jelas bahwa tingkat kolesterol dalam tubuhmu akan turun. Kesehatan jantung pun jadi terjamin. Begitu juga dengan kesehatan darahmu.

2. Perubahan gen

Ketika kamu tidak makan daging dan menggantinya dengan konsumsi makanan berbasis nabati, maka akan terjadi perubahan susunan gen dalam tubuh menjadi lebih baik. Hal tersebut akan menormalkan fungsi tubuh.

3. Kekurangan nutrisi

Salah satu efek samping saat kamu mengurangi konsumsi daging adalah tubuh bisa kekurangan yodium, zat besi, vitamin D, dan vitamin B12. Kamu bisa menggantinya dengan makanan lain yang berbasis nabati atau yang lebih sesuai dengan tubuhmu.

4. Menurunkan kemampuan indera perasa

Zinc adalah salah satu nutrisi yang bisa kamu temui pada daging. Jika kamu mengurangi konsumsi daging, asupan zinc juga berkurang. Dan salah satu efek sampingnya adalah berkurangnya kepekaan indera perasa.

5. Pemulihan otot berjalan lama

Protein yang ada dalam daging sangatlah penting untuk menguatkan otot dan memulihkannya dari cedera, terutama setelah kamu berolahraga. Dan ketika kamu tidak makan daging maka bisa jadi pemulihan otot akan berjalan lebih lama. Namun jangan khawatir, kamu bisa menggantinya dengan makanan nabati lainnya yang juga mengandung protein seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

Itulah beberapa efek samping dari mengurangi konsumsi daging. Tak hanya berdampak positif, tidak mengonsumsi daging juga bisa memberikan efek negatif. Oleh karena itu sesuaikan konsumsi daging merah dengan kebutuhan tubuhmu.

sumber : https://www.merdeka.com/sehat/10-perubahan-di-tubuh-saat-kamu-tak-lagi-makan-daging-merah-part-1.html

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *