Friday , December 4 2020
Home / Artikel / Bill Gates Investasi Rp 546 Miliar untuk Kembangkan Sapi Super

Bill Gates Investasi Rp 546 Miliar untuk Kembangkan Sapi Super

Bill Gates Investasi Rp 546 Miliar untuk Kembangkan Sapi SuperBill Gates Investasi Rp 546 Miliar untuk Kembangkan Sapi Super | Liputan6.com, Jakarta – Bill Gates kembali melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu banyak orang. Menurut laporan terbaru, miliarder tersebut akan berinvestasi 29 juta pound sterling (Rp 546 miliar) untuk membantu membiakkan sapi super.

Dikutip dari Mirror, Senin (29/1/2018), pembiakan sapi ini akan melibatkan ras sapi Inggris dan sapi Afrika. Nantinya, gen dari sapi Inggris akan ditanamkan ke DNA sapi Afrika untuk menghasilkan hewan yang lebih tangguh.

Sekadar informasi, sapi Inggris mampu menghasilkan susu rata-rata 40 liter per hari, sedangkan sapi Afrika hanya 3,5 liter. Namun, sapi Afrika mampu bertahan lebih kuat dari panas dan hanya sedikit mengonsumsi makanan.

“Harapannya, dengan sapi ini, kami bisa mendapatkan sapi yang empat kali lebih produktif dengan ketahanan yang kuat. Dalam hal ini, kami tak sekadar mendapatkan keuntungan dari sisi ekonomi, tapi juga kesehatan,” ujar suami Melinda Gates tersebut.

Karena itu, Gates memilih untuk mendukung penelitian ini, sehingga dapat membantu ketersediaan pangan di daerah yang kesulitan. Ia menuturkan, pertanian dan peternakan juga menjadi jalan keluar dari kemiskinan di sejumlah negara.

“Sains dan penelitian yang dipimpin oleh pemikir besar di Edinburgh membuat lompatan besar dalam meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak,” tuturnya.

Gates sendiri akan berinvestasi di Global Alliance for Livestock Veterinary Medicines atau GALVmed.

Tak hanya mengembangkan kawin silang antara sapi, Universitas Edinburgh juga menggunakan software yang dikembangkan untuk membuat vaksin. Nantinya, vaksin tersebut dapat digunakan untuk mencegah penyakit sapi di wilayah tropis.

Sebelumnya Bill Gates melalui yayasannya, Bill and Melinda Foundation melakukan hal besar untuk Nigeria. Gates rencananya bakal membayarkan utang Nigeria ke Jepang yang nilainya US$ 76 juta atau setara Rp 950 miliar.

Sebelumnya, utang kepada Jepang tersebut ditujukan untuk pemberantasan penyakit polio di Nigeria pada 2014. Rencananya, pembayaran utang Nigeria kepada Jepang oleh yayasan milik Gates akan dilakukan mulai tahun ini.

Menurut juru bicara yayasan amal Bill Gates, Gates Foundation setuju melunasi pinjaman Nigeria kepada Jepang setelah Nigeria memenuhi syarat berupa 80 persen capaian vaksinasi polio.

Sekadar diketahui, sejak 2017 Nigeria telah dinyatakan menjadi negara bebas polio oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Capaian tersebut merupakan hal besar, sebab pada 2012, lebih dari setengah kasus polio di dunia berasal dari Nigeria.

Pasangan orang terkaya di dunia, Bill dan Melinda Gates ini memang sangat peduli terhadap pengentasan polio di Nigeria. Bahkan, yayasan amal miliknya bekerja sama dengan beberapa mitra untuk mengentaskan polio di Nigeria selama beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya, pria yang pernah menjadi orang terkaya di dunia ini bahkan mengungkap, dirinya rela berkontribusi sebisa mungkin untuk upaya penanganan penyakit AIDS di seluruh dunia.

Gates pun optimistis, penurunan jumlah kasus AIDS membuktikan, penyakit AIDS bisa diberantas dan bahkan bisa disembuhkan kelak di masa depan. Menurut data, pada 2010, tingkat kematian akibat penyakit AIDS itu berkisar di 1,5 juta jiwa, sedangkan pada 2016 menurun hingga 1 juta jiwa.

Gates bahkan sempat memberikan pendapatnya ketika ditanya soal prediksi sains 15 tahun ke depan. Ia mengawali jawabannya dengan pembahasan mengenai HIV dan AIDS.

Gates yakin, obat untuk HIV/AIDS akan ada pada 2030. Pada saat itu, orang-orang dengan HIV/AIDS tidak perlu menjalani pengobatan seumur hidup, melainkan hanya perlu satu tahun masa pengobatan.

(Dam/Isk)

sumber : http://tekno.liputan6.com/read/3242109/bill-gates-investasi-rp-546-miliar-untuk-kembangkan-sapi-super

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *