Tuesday , September 29 2020
Home / Artikel / Kementan Targetkan Panen 3 Juta Anak Sapi

Kementan Targetkan Panen 3 Juta Anak Sapi

Kementan Targetkan Panen 3 Juta Anak SapiSURABAYA – Kementerian Pertanian (Kementan) memasang target panen 3 juta ekor anak sapi (pedet ) jenis limousine guliver dan simental guard. Untuk merealisasikan target tersebut, Kementan melakukan berbagai program, salah satunya menggandeng Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) yang sukses membudidayakan sapi lewat pemanfaatan semen (sperma) beku.

Kementan Targetkan Panen 3 Juta Anak SapiMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman seusai rapat senat terbuka Dies Natalis ke- 62 Universitas Airlangga (Unair)menyatakan bangga dan tertarik setelah melihat langsung sapi limousine guliver dan simental guard hasil inseminasi yang kemarin ikut dipamerkan. Anakan sapi limousine dan simental berusia 10 bulan sudah berbobot 350 kilogram.

Pada usia satu tahun, berat kedua jenis sapi ini bisa lebih dari satu ton. Sementara sapi lokal, untuk mencapai berat 350 kg diperlukan perawatan selama tiga tahun. “Kami putuskan bekerja sama dengan Unair meskipun belum ada MoU (nota kesepakatan). Pemerintah akan membeli semen beku sebanyak 4 juta untuk wilayah Indonesia,” papar Amran.

Menurut Amran, pemanfaatan semen beku pada 2015 telah menunjukkan peningkatan produksi daging dalam negeri. “Kami berharap kerja sama ini bisa menghasilkan panen lebih besar pada 2017. Kalau pada2015, panenan sapi sekitar 1,4 juta ekor, pada 2017 ditargetkan panen 3 juta ekor. Ini bisa menjadikan Indonesia swasembada daging,” tutur Amran. Selain kerja sama dengan Unair, Kementan tetap melakukan impor sapi indukan sebesar 20% dari total pengadaan semen beku.

Dalam hal ini, Andi mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan. “Impor induk ini untuk mempercepat swasembada daging. Sapi itu yang penting masuk wilayah Indonesia, terlepas pengusaha mana yang mengimpor. Lahan seluas 1 juta hektare disiapkan pemerintah untuk mendukung program ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor Unair M Nasih mengungkapkan, selama ini Unair telah banyak menyuplai kebutuhan semen beku kesejumlahpeternakandiIndonesia yang memenuhi kebutuhan stok daging nasional. “Kami sangat mengapresiasi langkah Kementerian Pertanian untuk bekerja sama dengan Unair dalam pengadaan semen beku,” kata dia. (dni)

sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/11/11/320/1538692/kementan-targetkan-panen-3-juta-anak-sapi

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *