Tuesday , September 29 2020
Home / Artikel / Pemkot pastikan sapi di Palembang bebas dari virus Jembrana

Pemkot pastikan sapi di Palembang bebas dari virus Jembrana

Pemkot pastikan sapi di Palembang bebas dari virus JembranaPemkot pastikan sapi di Palembang bebas dari virus Jembrana | Merdeka.com – Pemerintah Kota Palembang memastikan sapi dan kambing di wilayah itu terbebas dari virus Jembrana. Warga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging lokal.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengungkapkan, pihaknya telah melakukan imunisasi sapi di seluruh peternakan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya serangan virus yang menular ke peternakan lain.

“Untuk saat ini kami pastikan sapi di Palembang bebas virus asal Bali, Jembrana, yang tengah heboh. Kita upayakan lakukan pencegahan,” ungkap Fitrianti, Kamis (23/11).

Diakuinya, beberapa waktu lalu ada puluhan ekor sapi peternakan di dua kecamatan di Palembang terjangkit virus Jembrana dan akhirnya mati. Namun, sapi itu berasal dari Lampung sehingga dilakukan penyetopan pengiriman dari daerah itu.

“Ada 13 ekor sapi asal Lampung yang mati karena virus itu, tapi bukan sapi lokal. Sebelum dinyatakan bebas Jembrana, sapi asal Lampung tidak boleh masuk ke sini,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Palembang, Novayanti menambahkan, pihaknya meminta BP VET Lampung untuk melakukan pengecekan sampel sapi yang terlanjur masuk ke Palembang. Hal ini bertujuan agar virus itu bisa terdeteksi lebih cepat.

“Sekarang tinggal menunggu hasilnya saja. Sejauh ini tidak ada masalah,” katanya. [dan]

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/pemkot-pastikan-sapi-di-palembang-bebas-dari-virus-jembrana.html

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *