Wednesday , December 2 2020
Home / Artikel / Tips Memilih Sapi Bibit Bakalan yang Berkualitas

Tips Memilih Sapi Bibit Bakalan yang Berkualitas

Tips Memilih Sapi Bibit Bakalan yang BerkualitasTips Memilih Sapi Bibit Bakalan yang Berkualitas | Secara umum, sapi bibit/ bakalan dapat diidentifikasikan sebagai sapi yang sudah cukup matang untuk ditempatkan pada penggemukan. Selanjutnya sapi-sapi yang telah ditempatkan di tempat penggemukan tersebut akan dipersiapkan untuk disembelih. Tak sedikit orang yang lebih memilih bisnis menggemukkan sapi dibanding harus mengurus ternak sapi dari pengembangbiakkan hingga dewasa. Jika cara menggemukkan sapi dari sapi bibit lebih sederhana mengapa tidak? Sapi bakalan saat ini juga telah banyak diperjualbelikan pada pasar-pasar online.

Lalu sapi yang seperti apa yang baik untuk dijadikan sapi bibit/bakalan? Cara yang paling muda adalah dengan melihat postur badannya. Dari bentuk badan, sapi bakalan yang baik harus memiliki bentuk badan yang panjang dan berdiri dengan kokoh. Pemilihan sapi bakalan secara fisik bisa menjadi sangat penting, sebab bisa memberikan Anda keuntungan yang maksimal. Berikut ini adalah tips memilih sapi bakalan yang baik kualitasnya.

  1. Jenis Sapi

Jenis sapi yang cocok untuk dijadikan sebagai sapi bibit/bakalan adalah jenis sapi potong yang berasal dari daerah setempat maupun berasal dari luar daerah. Apabila Anda menggunakan sapi bakalan hasil dari persilangan, sebaiknya Anda memilih sapi bakalan yang memiliki fisik menyerupai induknya. Misalnya, apabila menggunakan sapi bakalan hasil persilangan sapi simmental dengan sapi peranakan ongole betina, maka sebaiknya Anda memilih sapi yang fisiknya dominan dengan sapi simmental.

Sapi bakalan yang mempunyai kualitas baik, bisa berupa sapi berdarah murni (Sapi Bali), crossbrahman, crosssimenthal dan crossangus memiliki sifat genetis yang cocok untuk digemukkan. Akan tetapi, sapi bakalan yang berkualitas saja tidak cukup. Dalam hal penggemukan sapi, sapi bakalan juga harus ditunjang dengan pakan yang berkualitas juga. Hal it bertujuan agar sapi yang diinginkan bisa sesuai target.

  1. Umur Sapi Bakalan

Mur bakalan sapi yang ideal untuk bisnis penggemukan sapi biasanya berumur sekitar 2-3 tahun. Umur tersebut adalah kisaran umur yang optimal untuk memulai bisnis penggemukan sapi bakalan. Sapi bibit/bakalan yang berumur kurang dari 2 tahun dalam pertumbuhannya masih lambat atau belum optimal, begitu juga pada sapi bakalan yang berusia 3 tahun ke atas.

Hal yang sering mengakibatkan adanya kendala untuk mengetahui umur sapi bakalan adalah jarangnya peternak yang membuat catatan kelahiran sapi. Padahal dengan mencatat tanggal lahir sapi merupakan cara yang paling akurat untuk menentukan umur sapi. Bisanya untuk mengatasi masalah tersebut, para peternak menggunakan cara lain yaitu melihat kondisi sapi tersebut.

  1. Bentuk Badan

Sapi bakalan yang baik tentunya memiliki postur badan yang panjang dan tinggi. Selain itu, sapi bakalan yang berkualitas baik juga memiliki pertulangan yang kokoh. Berat sapi bakalan sebaiknya mencapai 300-400 kg.

  1. Tulang Kaki Yang Sedang Dan Kokoh

Para pembeli biasanya tertarik pada sapi bibit/bakalan yang memiliki tulang kaki yang kecil. Karena proporsi daging lebih tinggi dan presentasi tulang lebih rendah. Namun, hal tersebut juga harus dipertimbangkan, sebab sapi yang bertulang kaki kecil rawan mengalami patah tulang jika memiliki badan yang terlalu gemuk. Insiden patah tulang bisa terjadi karena tulang kaki sapi yang kecil tidak terlalu kokoh untuk menopang berat badannya sendiri. Akibatnya, jika terjadi insiden terpeleset ataupun jatuh, kemungkinan akan terjadi atau tulang. Oleh sebab itu,disarankan bagi Anda untuk memilih sapi dengan tulang kaki yang sedang dan kokoh.

  1. Tulang Punggung Yang Lurus

Sapi bibit/bakalan yang berkualitas baik harus memiliki tulang punggung yang lurus tidak melengkung. Hal tersebut termasuk penting, sebab tulang punggung merupakan penahan utama perut. Terlebih pada saat sapi digemukkan dengan porsi pakan yang banyak, maka akan sangat dibutuhkan tulang punggung yang kuat dan lurus.

Sapi Bakalan, Sapi Bibit Lembu Mulyo

Tips Memilih Sapi Bibit Bakalan yang Berkualitas

Seleksi yang ketat memang mutlak haus dilakukan untuk memilih sapi bakalan yang berkualitas unggul. Bagi Anda yang sedang mencari sapi bakalan berkualitas unggul, Anda bisa mengunjungi web jualsapi-pakanternak.com

atau menghubungi Informasi Lebih Lanjut Silahkan HUBUNGI Kami di: HOT LINE 0816-1838-561 (Phone), 0818-0856-7872 (Whatsapp)

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *