Sunday , September 27 2020
Home / Artikel / Banyak permintaan, PT SNJ bangun cold storage ke-4 kapasitas 30.000 ton

Banyak permintaan, PT SNJ bangun cold storage ke-4 kapasitas 30.000 ton

https://www.merdeka.com/uang/banyak-permintaan-pt-snj-bangun-cold-storage-ke-4-kapasitas-30000-ton.html
Cold storage milik PT SNJ

Banyak permintaan, PT SNJ bangun cold storage ke-4 kapasitas 30.000 tonMerdeka.com – Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan produksi daging sapi di Indonesia mencapai 524.109 ton dan daging ayam sebanyak 1.689.584 ton sepanjang tahun lalu. Namun sayangnya, tingginya produksi daging ini tidak seimbang dengan gudang penyimpanan (cold storage).

Sejatinya, produksi daging harus dibarengi dengan cold storage alias gudang penyimpanan berkualitas internasional. Sehingga ketersediaan daging bisa terjaga dengan baik, apalagi pasca panen daging ayam yang berkisar 3,5 bulan.

Tingginya kebutuhan cold storage untuk penyimpanan daging membuat CEO PT Suri Nusantara Jaya (SNJ), Diana Dewi membuka cold storage baru seluas 1 hektare di kawasan industri Delta Silicon, Lippo Cikarang pada Minggu, 1 Oktober 2017.

“Permintaan untuk sewa cold storage itu tinggi, karena tidak semua produsen dan perusahaan daging memiliki cold storage. Hari ini, kami membangun cold storage keempat, setelah pertama di Pondok Rangon, Kranggan, Cikarang dan yang keempat bersebelahan dengan yang ketiga,” ujar Diana di Cikarang, Minggu (1/10).

Menurut Diana, cold storage yang akan selesai dibangun pada Januari 2018 besok sudah dibooked oleh lima mitra, di antaranya Perum Bulog dan Charoen Pokphand. Serupa dengan sebelumnya, kapasitas untuk cold storage keempat sebanyak 30.000 ton. “Sama dengan yang sebelumnya,” terangnya.

Adapun biaya penyewaan di cold storage yang ada sebesar Rp 16 per kilogram daging per hari. Dan mitra harus menyewa minimal enam bulan. “Harga tersebut sudah termasuk PPN dan kompetitif di Jabodetabek, yang rata-rata Rp 17 per kg per hari,” paparnya.

Rencananya pada tahun depan, PT Suri Nusantara Jaya akan membuka cold storage kelima di luar Jabodetabek. Menurutnya bisnis cold storage di Indonesia saat menjanjikan, sebab saat ini hanya ada 30 pemain cold storage, di mana SNJ menguasai 10 persen pangsa pasar cold storage daging nasional.

Selain cold storage, SNJ juga berencana membangun tiga gerai toko daging, di mana sebelumnya mereka sudah memiliki enam gerai Toko Daging Nusantara, termasuk membuat daging olahan seperti bakso, sosis, dan kornet dengan menggandeng beberapa mitra usaha kecil dan menengah alias UKM. [idr]

sumber: https://www.merdeka.com/uang/banyak-permintaan-pt-snj-bangun-cold-storage-ke-4-kapasitas-30000-ton.html

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *