Sunday , September 27 2020
Home / Artikel / Bos Dharma Jaya beberkan penyebab daging sapi lokal kalah bersaing dari impor

Bos Dharma Jaya beberkan penyebab daging sapi lokal kalah bersaing dari impor

Bos Dharma Jaya beberkan penyebab daging sapi lokal kalah bersaing dari imporBos Dharma Jaya beberkan penyebab daging sapi lokal kalah bersaing dari impor | Merdeka.com – Kementerian Perhubungan tengah berupaya meningkatkan pengembangan sektor peternakan di Kawasan Indonesia Timur. Hal ini tampak dalam pengoperasian kapal ternak yang akan mengangkut sapi dari NTT dan NTB ke Jakarta.

Diharapkan dengan adanya kapal ini, kesulitan para peternak sapi di Indonesia Timur untuk menjual sapinya ke Indonesia bagian barat dapat teratasi. Selain itu, diharapkan pula program ini dapat menjaga stabilitas harga daging sapi.

Direktur Utama PD Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusuma mengakui program kapal ternak yang dijalankan Pemerintah akan menggairahkan para peternak sapi di NTT. Namun, langkah tersebut belum cukup untuk membuat daging sapi lokal mampu bersaing dengan daging sapi impor. Alasannya, sapi yang didatangkan dari NTT masih kalah dari segi bobot.

“Kalau dari angle harga, kapal (ternak) ini belum bisa turunkan harga, sapi dr NTT yang dibawa. Jakarta butuh sapi yang bobotnya besar,” ungkap Marina di Redtop Hotel, Jakarta, Senin (16/10).

Untuk itu, hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah meningkatkan kualitas sapi-sapi lokal, terutama dari segi bobot dan juga kesehatannya. “Kita harus bisa buat sapi yang beratnya 700. Yang kami terima 1500 ekor sudah ada yang lebih baik, dulu ukuran kecil, kita sudah trima 400,” tegasnya.

Salah satu hal yang diperhatikan dalam peningkatan kualitas sapi-sapi lokal adalah dengan ketersediaan pakan yang berkualitas. “Makanannya harus diubah, jadi bikin makanan ternak yang ada di sini over ke sana, diberikan peternak. Pengendalian stress juga. Jadi kualitas daging lebih baik, sapi lebih sehat,” jelas Marina.

[sau]

sumber : https://www.merdeka.com/uang/bos-dharma-jaya-beberkan-penyebab-daging-sapi-lokal-kalah-dari-impor.html

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *