Thursday , September 24 2020
Home / Artikel / Gelar Operasi Pasar, Bulog Gelontorkan Daging 1.000 Ton

Gelar Operasi Pasar, Bulog Gelontorkan Daging 1.000 Ton

Gelar Operasi Pasar, Bulog Gelontorkan Daging 1.000 Ton
Bulog menggelontorkan 1.000 ton daging sapi dan kerbau dalam operasi pasar menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. FOTO/DOK.SINDONEWS

JAKARTA – Perum Bulog menggelontorkan daging sapi dan daging kerbau untuk operasi pasar (OP) sebanyak 1.000 ton. OP tersebut dilakukan untuk mengintervensi harga daging di pasaran yang saat ini mencapai Rp110.000 per kilogram (kg).

Direktur Komersial Pengadaan Perum Bulog Tri Wahyudi mengatakan, OP tersebut dilakukan Bulog Divisi Regional (Divre) DKI Jakarta dan Banten. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak Rabu-Jumat (20-22/12/2017) ini bekerja sama dengan Polda Metro Jaya. Tri Wahyudi mengatakan, OP ini dilakukan di wilayah Polda Metro Jaya, termasuk Bekasi dan Depok.

“Namun, tidak ada di Tangerang Selatan,” kata Tri Wahyudi saat Peluncuran Operasi Pasar Daging Kerbau dan Sapi di Perum Bulog Divre DKI Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Menurut dia, OP ini diselenggarakan dalam rangka menjaga stabilitas harga daging jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. “(Operasi ini) di 13 titik di beberapa tempat. Jadi, kita di titik-titik yang mendekati masyarakat,” katanya.

Daging yang didistribusikan dalam operasi ini adalah daging kerbau dan sapi beku impor yang legal dan kualitasnya cukup baik. “Ini sudah disetujui pemerintah, jadi barang yang legal semua. Daging yang fresh ini kita datangkan dari Australia dan kerbau dari India,” kata Wahyudi.

Dia menambahkan, dalam operasi pasar tersebut akan dilaksanakan di sejumlah titik. Di antaranya di depan Polsek Stasiun Senen, Kantor Kelurahan Cilandak, Polsek Kramat Jati, Tanjung Priok, Kelurahan Cipete Utara, Stasiun Kebayoran Lama, Rusun Marunda, dan Kelurahan Limo-Depok.

Harga komoditas yang disediakan dalam operasi daging, yaitu daging sapi dengan harga Rp80.000 per kilogram (kg) dan daging kerbau Rp75.000 per kg, dan meat boxisi 20 kg dengan harga Rp69.000 per kg. Adapun lokasi pelaksanaan OP daging kerbau dan sapi berdampingan dengan lokasi pelaksanaan OP Beras CBP (cadangan beras pemerintah).

“Hari ini (kemarin) kita siapkan 200 ton. Jadi, kita sudah siapkan 1.000 ton selama tiga hari. Namun, kalau memang masih dibutuhkan, kami stok masih cukup,” kata Wahyudi Tri Wahyudi berharap, OP yang dilakukan dapat menjaga pergerakan harga daging di pasaran.

Berdasarkan pantauannya, daging sapi segar di pasaran menjelang Natal dan Tahun Baru berada di kisaran Rp110.000 per kg. Sebelumnya, Bulog telah mengucurkan pasokan beras, minyak goreng, dan gula ke 11 titik wilayah hukum Polda Metro Jaya guna menjaga stabilisasi harga menjelang Natal dan Tahun Baru.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Karyawan Gunarso mengatakan, telah menerima penugasan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) untukmelakukan OP di seluruh wilayah Indonesia. Untuk tahap pertama di wilayah hukum Polda Metro Jaya, BUMN pangan ini mengucurkan pasokan beras, minyak goreng, dan gula pada 14-21 Desember 2017. Beras menjadi fokus dalam OP tersebut, dengan jumlah pasokan beras medium yang digelontorkan sebanyak 500 ton. Adapun harga masing-masing komoditas, yakni beras medium Rp40.000 per 5 kg, gula pasir Rp12.000 per kg, serta minyak goreng Rp11.000 per kg.

(amm)
sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/1267780/34/gelar-operasi-pasar-bulog-gelontorkan-daging-1000-ton-1513853541

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *