Friday , July 19 2019
Home / Artikel / Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan TepatJAKARTA, KOMPAS.com – Memilih daging dengan tepat adalah langka awal untuk mengolah masakan yang lezat. Itulah yang disampaikan oleh F&B Coordination and Executive Chef dari Mercure Convention Centre Ancol, Nur Rahmat di acara Accor Culinary Journey, Rabu (25/6/2019).

“Pada saat membeli daging harus benar benar segar. Cara memilihnya adalah dengan dilihat, dipegang, dan dicium,” kata Nur Rahmat.

Pertama adalah dengan dilihat daging memiliki warna cerah tidak pucat atau kehitaman, kemudian saat dipegang daging tidak berlendir.

Jika berlendir, menurut Nur Rahmat, daging sudah masuk tahap kontaminasi. Terakhir jika dicium atau dibaui daging segar tidak berbau busuk atau menyengat.

Usai membeli daging dapat langsung menyimpan di chiller atau lemari pendingin. Saat daging ingin dimasak, Nur Rahmat punya tips tersendiri.

“Daging beku jangan direndam air, karena kalau daging beku direndam air maka akan terkena kontaminasi bakteri dari air itu. Sebaiknya ditaruh di suhu ruangan agar cair sendiri,” jelas Nur Rahmat.

Jika pada akhirnya harus mencuci daging pastikan untuk langsung memasak daging tersebut sampai habis, tidak menyimpan kembali ke lemari pendingin.

Jadi cara terbaik membeli daging adalah dalam jumlah sesuai kebutuhan harian dan langsung memasak saat daging dalam kondisi segar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat”, https://travel.kompas.com/read/2019/06/28/080100627/kiat-memilih-dan-mengolah-daging-dengan-tepat.
Penulis : Silvita Agmasari
Editor : I Made Asdhiana

Check Also

Pemerintah Masih Kaji Impor Daging Sapi dari Argentina

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu sempat diberi tawaran impor daging sapi dari Argentina. Penawaran ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.