Friday , July 19 2019
Home / Artikel / Pemerintah Masih Kaji Impor Daging Sapi dari Argentina

Pemerintah Masih Kaji Impor Daging Sapi dari Argentina

Pemerintah Masih Kaji Impor Daging Sapi dari ArgentinaLiputan6.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu sempat diberi tawaran impor daging sapi dari Argentina. Penawaran ini lantas dipertimbangkan lantaran secara harga dianggap cukup bersaing dengan daging impor Australia, yakni sekitar USD 3 per kg.

Lalu, bagaimana kelanjutan impor daging sapi Argentina ini?

Duta Besar Indonesia untuk Argentina Niniek Kun Naryatie mengatakan, pemerintah saat ini masih harus memastikan bahwa daging impor tersebut bebas penyakit.

“Sedang diproses melalui prosedur sanitasi dulu karena harus mengikuti prosedur Indonesia ya. Jadi lolos dulu dengan prosedur sanitasinya,” ujar dia di Jakarta, Rabu (26/6/2019).

Adapun berdasarkan publikasi Badan Kesehatan Great Dunia (World Organisation for Animal Health/OIE), Indonesia sudah dinyatakan bebas penyakit kuku dan mulut. Sementara Argentina masih berstatus bebas dengan vaksinasi berdasarkan zona.

Saat ditanya kapan kepastian impor daging tersebut bisa diumumkan, Niniek menjawab itu wewenang dari Kementerian Pertanian. “Moga-moga bisa dalam waktu singkat,” sambungnya

Impor Pakan Ternak

Selain daging sapi, ia menyatakan, Indonesia selama ini telah banyak mengimpor produk pakan ternak berbahan dasar bungkil kedelai dari Argentina. Produk itu didatangkan lantaran berkualitas bagus dan secara harga juga kompetitif.

Sebaliknya, Indonesia disebutnya juga telah banyak sekali mengekspor berbagai produk ke Negeri Tango. Mulai dari alas kaki, produk berbahan karet, chemical products, hingga spare part mobil.

Gencarnya kegiatan dagang antara Indonesia-Argentina membuat total transaksi kedua negara pada tahun lalu mencapai sekitar USD 1,6 miliar.

Namun, Niniek mencermati bahwa Argentina masih lebih banyak mengekspor ke Indonesia ketimbang sebaliknya.

“Argentina lebih besar ekspor ke kita karena kita banyak butuh bungkil kedelai itu,” ungkapnya.

Guna memperbesar nilai ekspor Indonesia ke Argentina, ia menganggap, banyak komoditas lokal andalan yang sebenarnya bisa disalurkan. Hal itu bisa terwujud jika pelaku usaha dalam negeri mau berinisiatif menembus pasar Amerika Latin.

“Industri strategis kita juga bisa masuk ke sana. Misalnya pesawat terbang, kereta api, mobil dan spare part, bisa dinaikkan. Sekarang tergantung dunia bisnis kita, apakah mau nembus pasar Amerika Latin atau tidak,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam pertemuan, keduanya membahas peningkatan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi.

“Tadi kami telah membahas peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian dan industri strategis,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3998820/pemerintah-masih-kaji-impor-daging-sapi-dari-argentina

Check Also

Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih daging dengan tepat adalah langka awal untuk mengolah masakan yang lezat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.