Monday , September 28 2020
Home / Artikel / LP Nusa Kambangan bakal disulap jadi sentra produksi sapi

LP Nusa Kambangan bakal disulap jadi sentra produksi sapi

LP Nusa Kambangan bakal disulap jadi sentra produksi sapiLP Nusa Kambangan bakal disulap jadi sentra produksi sapi | Merdeka.com – Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kementerian Hukum dan Ham menjalin kerja sama dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian untuk membangun sentral peternakan sapi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusa Kambangan.

“Dalam kalkulasi bisa memproduksi sekitar 14.000 sapi dalam setahun di Nusa kambangan. Itu kan baru rencananya makanya kita gandeng Ditjen peternakan untuk mmberikan pertimbangan konsultan,” jelas Dirjen Permasyarakatan, I Wayan K. Dusak, Jakarta, Senin (23/1).

Dalam kerja sama ini, Dirjen PKH akan memberi pembinaan kepada para napi untuk berternak sapi. “Mereka akan dilatih cara berternak yang baik kalau mereka sudah punya keterampilan nanti pulang ke kampung bisa jadi peternak. Dari hasil kerja itu nanti dia bisa beli sapi, sistem peternakan rakyat, nanti perusahaan bisa menjual bibitan, dipelihara nanti dia jual ke perusahaan,” jelasnya.

Untuk realisasi program tersebut, selain bekerjasama dengan Kementan pihaknya juga akan menarik investor dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Kita akan lelang dulu siapa yang mau, lelangnya sedang proses. Kita kan proses kelayakan dulu, terakhir baru publik market. Saya berharap lelang dulu, realisasinya tahun depan. Mungkin tahun ini karena investasinya besar. Pabrik pakannya juga di sana,” jelasnya.

Luas LP Nusa Kambangan saat ini mencapai 24.000 hektar dan yang akan digunakan sebanyak 20 hektar. Ke depannya, di setiap wilayah Jawa Timur juga akan disulap jadi sentral peternakan sapi terutama di lembaga pemasyarakatan. Wayan tak takut rencana ini akan menjadi celah Napi untuk melarikan diri.” Enggak, kan ada assesment napi yang bisa dipercaya. Nusa Kambangan total napi 1.200 orang,” terangnya.

Sementara itu Dirjen PHK Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita mengungkapkan dengan nota kesepahaman akan menjadikan Nusa Kambangan menjadi penghasil bibit sapi.

“Diharapkan Pulau Nusa Kambangan sebagai kawasan penghasil bibit dan sapi siap potong guna memenuhi kebutuhan pangan ternak,” [idr]

sumber: https://www.merdeka.com/uang/lp-nusa-kambangan-bakal-disulap-jadi-sentra-produksi-sapi.html

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *