Monday , August 19 2019
Home / Artikel / Tak Penuhi Standar Sanitasi Pangan, Polisi Sita 5,5 Ton Daging Impor

Tak Penuhi Standar Sanitasi Pangan, Polisi Sita 5,5 Ton Daging Impor

https://www.merdeka.com/peristiwa/tak-penuhi-standar-sanitasi-pangan-polisi-sita-55-ton-daging-impor.htmlMerdeka.com – Satgas Pangan Ditreskrimsus Polda Jatim mengungkap kasus dugaan tindak pidana perdagangan daging impor yang tidak memenuhi standar kebersihan atau sanitasi pangan. Tak tanggung-tanggung, 5,5 ton daging impor disita polisi. Pemilik daging berinisial SWR, warga Pakisaji, Malang, ditetapkan sebagai tersangka. Namun dia tidak ditahan oleh polisi.

Wakil Direktur Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Arman Asmara menjelaskan, pengungkapan kasus ini hasil penyidikan Tim Satgas Pangan bersama Dinas Peternakan Provinsi Jatim. Daging yang disita ini merupakan daging sapi impor asal Australia sebanyak 5.549 Kg. Selain itu, di tempat yang sama juga disita 740 Kg daging kerbau impor, 1.000 kg kikil sapi, dan 3 ekor kepala sapi.

“Daging impor yang disita karena tidak memenuhi sanitasi pangan,” tegasnya, Kamis (4/7).

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Jawa Timur, Juliani mengatakan, bisnis yang dilakukan tersangka tidak memiliki nomor kontrol veteriner (NKV). Sehingga, penyimpanan daging dianggap tidak memenuhi syarat.

“Karena unit usaha produk hewan itu ada yang bernomor kontrol veteriner itu bisa ada di cold storage-nya, di pengolahannya. Dan kalau di sini kami mengaudit di cold storage-nya,” ungkapnya.

Selain itu, persoalan daging impor milik tersangka ini belum mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan, Bidang Kesehatan masyarakat veteriner. Sehingga, daging impor milik tersangka dianggap berpotensi membahayakan masyarakat karena diindikasikan mengandung penyakit.

Atas kasus ini, tersangka pun dijerat dengan Pasal 135 Jo Pasal 71 ayat (2) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman pidana penjara maksimal 2 tahun dan/atau denda paling banyak Rp4 miliar. [noe]

sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/tak-penuhi-standar-sanitasi-pangan-polisi-sita-55-ton-daging-impor.html

Check Also

Jokowi Tinjau Peternakan Sapi Belgian Blue di Sumatera Utara

Jokowi Tinjau Peternakan Sapi Belgian Blue di Sumatera Utara

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.