Monday , September 28 2020
Home / Artikel / Demi Jaga Lingkungan, Peneliti Belanda Ajari Sapi Buang Air di Toilet

Demi Jaga Lingkungan, Peneliti Belanda Ajari Sapi Buang Air di Toilet

Genjot Populasi Sapi Potong Mentan Optimalkan Program Ini di JatimLiputan6.com, Amsterdam – Mengajar sapi untuk menggunakan toilet bukanlah tugas yang mudah, tetapi seorang penemu asal Belanda berhasil menemukan cara agar kotoran mamalia itu bisa terkumpul. Upaya yang bisa berdampak mengurangi emisi yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Penemu itu membuat toilet untuk sapi, untuk mengumpulkan urine binatang yang mengandung senyawa dengan kandungan mampu merusak lingkungan.

Dikutip dari laman Straitstimes.com, Senin (1/4/2019), uji coba telah dimulai di sebuah peternakan Belanda pada perangkat yang mengumpulkan 15 hingga 20 liter urine yang sapi hasilkan dalam per hari.

Jika dibiarkan, kumpulan urine ini menghasilkan amonia dalam jumlah yang cukup besar.

Amonia adalah senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya senyawa ini didapati berupa gas dengan bau tajam yang khas (disebut bau amonia).

“Kami sedang menangani masalah sumbernya,” kata Henk Hanskpam, penggagas toilet untuk sapi.

Penemu itu menempatkan sebuah kotak di belakang sapi, sementara di depannya diletakkan bak makanan. Setelah selesai makan, sebuah lengan robot menstimulasi saraf di dekat lambung sapi, yang kemudian membuat hewan itu ingin buang air kecil.

Toilet sapi saat ini sedang diuji di sebuah peternakan dekat kota Doetinchem, Belanda timur, dan 7 dari 58 ekor sapi telah belajar menggunakan toilet tanpa perlu stimulasi.

Menurut dokter hewan Jan Velema yang ikut dalam penelitan itu, kandang menjadi lebih bersih dan tanah menjadi lebih kering.

Sebab, sapi tak akan buang air atau buang kotoran di sembarang tempat.

Belanda memang sudah memberlakukan aturan yang lebih ketat tentang emisi amonia, yang dapat menyebabkan polusi pada atmosfer dan mengiritasi mata manusia.

Senyawa ini juga bisa menciptakan kerusakan ganggang yang berkembang ketika bercampur dengan air.

sumber: https://www.liputan6.com/global/read/3931430/demi-jaga-lingkungan-peneliti-belanda-ajari-sapi-buang-air-di-toilet

Check Also

Jambi siap sukseskan program Sikomandan menuju swasembada daging

Jambi siap sukseskan program “Sikomandan” menuju swasembada daging

Jambi (ANTARA) – Gubernur Jambi Fachrori Umar menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menyukseskan program …